TUGAS MANAJEMEN DAN SIM I
1. Perancangan atau pembuatan SDM Pendidikan bermula dari masalah yang
muncul dari lembaga pendidikan. Sebutkan masalah apa saja yang sering
dihadapi oleh lembaga pendidikan sehingga membutuhkan SIM. Uraikan
dengan menggunakan kerangka pemecahan masalah (problem solving), yang
terdiri dari: masalah, standar, yang telah terjadi, alternatif pemecahan
masalah, dan solusi. ???
JWB :
JWB :
Masalah-masalah yang
muncul dari lembaga pendidikan secara umum berkisar pada masalah
belum adanya system informasi yang menyediakan data base yang lengkap,
tepat dan akurat serta dapat diakses dengan cepat dan mudah pada seluruh aktivitas yang disekolah. Masalah-masalah tersebut
dapat digolongkan menjadi :
a. Masalah
akademik
b. Masalah
personalia
c. Masalah
keuangan
d. Masalah
kesiswaan
e. Masalah
sarana dan prasarana
f. Masalah
pembelajaran
g. Masalah
perpustakaan
h. Masalah
promosi sekolah
Model Sistem Umum Penyelesaian Masalah
Keterangan Elemen-elemen proses
penyelesaian masalah :
A.Masalah (problem )
adalah : Suatu kondisi yang memiliki potensi untuk
menimbulkan
kerugian
atau keuntungan yang diluar kebiasaan.
B.Standard, menggambarkan
keadaan yang diharapkan.
C.Informasi, menggambarkan
keadaan saat ini.
D.Problem solver /Manajer,
sebagai penyelesai masalah
E.Kriteria Solusi (Solution
Criterion) : Perbedaan antara keadaan saat ini dengan
keadaan yang diharapkan.
F.Alternatif Pemecahan (alternative
solution) : Diidentifikasi oleh manajer dengan
mengandalkan
pengalaman (experience), informasi dan masukan dari berbagai
pihak.
G.Kendala (contraints):
Internal dan Ekstenal (dari lingkungan).
H.Penyelesaian masalah (problem
solving) adalah : Tindakan memberi
respons/reaksi terhadap permasalahan
dengan meminimalkan dampak buruknya
dan memaksimalkan dampak baiknya.
I. Solution /Jalan
keluar/solusi : Suatu aksi atau strategi yang dipilih dan diyakini
akan memberikan solusi terbaik terhadap masalah yang dihadapi .
Proses pemecahan
masalah di dunia pendidikan bila menggunakan
kerangka pemecahan masalah (problem solving), yang terdiri dari: masalah,
standar, yang
telah terjadi, alternatif pemecahan masalah, dan solusi dapat
digambarkan dalam tabel sebagai berikut :
lembaga
pendidikan perlu menerapkan sistem informasi manajemen pendidikan
yang
terpadu dan memiliki kapabilitas dalam mendukung keberhasilan dunia
pendidikan. Untuk itu diperlukan keseimbangan
sumber daya yang tersedia, antara
ketersediaan sumber daya yang dimiliki
seperti keterampilan dalam
mengoperasikan teknologi informasi seperti
komputer dan ketersediaan dana
untuk pengadaan perangkat komputer yang
sudah semakin canggih.
Informasi
yang disajikan oleh sistem informasi manajemen pendidikan dapat
diharapkan nantinya akan memberikan kontribusi yang sangat berharga
dalam
proses pengambilan keputusan bidang pendidikan seperti informasi
kebutuhan
tenaga pendidikan, informasi jumlah lembaga pendidikan mulai
tingat dasar,
menengah maupun pendidikan tinggi. Sistem informasi
manajemen pendidikan
diharapkan sangat bermafaat tidak hanya bagi para
pengambilan keputusan bidang
pendidikan tapi berguna bagi masyarakat
sebagai salah satu sub sistem dan
control society terutama dalam proses
operasional lembaga pendidikan dan
penyajian kualitas jasa pendidikan
yang bisa dipertanggung jawabkan.
2. Buat satu contoh kasus Pendekatan Sistem yang memerlukan solusi
untuk pengembangan sistem, kondisi sistem ke sistem yang
diinginkan(mengacu
pada CBIS).??
Jawab
Manajer membuat keputusan untuk memecahkan masalah, dan informasi di
gunakan dalam membuat keputusan. Informasi di sajikan dalam bentuk lisan
maupun tertulis oleh suatu pengolah informasi. Porsi komputer untuk
mengolah
informasi terdiri dari area aplikasi berbasis
komputer SIA,SIM,DSS, kantor virtual
dan sistem berbasis pengetahuan.
Kita menggunakan istilah sistem informasi
berbasis komputer (computer
based information system) atau CBIS, untuk
menggambarkan lima subsistem
yang menggunakan komputer.
0 komentar:
Posting Komentar